MENGENAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FKIP ULM

Keberadaan Program Studi Pendidikan IPS ini, sebagai solusi terhadap persoalan ketersediaan tenaga pendidik berkualitas dan professional sesuai dengan kebutuhan kompetensi tenaga pendidikan di Indonesia melalui jenjang pendidikan strata 1 (S1) yakni tenaga guru Pendidikan IPS sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah kejuruan di Wilayah regional Kalimantan yang sangat kekurangan. Di samping itu, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berkomitmen tinggi terhadap pemecahan masalah-masalah pendidikan dan berperan dalam menentukan pembentukan kualitas sumberdaya insani yang berkarakter.
Dengan demikian, Program Studi Pendidikan IPS diyakini dapat menghasilkan insan akademik profesional yang mampu memahami ciri-ciri perkembangan peserta didik, memahami keragaman latar sosial budaya siswa, dan menerapkannya dalam pengembangan teori dan praktik pendidikan IPS; memahami keterkaitan bidang pendidikan IPS dengan bidang lain, teknologi masyarakat dan lingkungan; serta mampu merancang kurikulum dan pendidikan IPS sesuai dengan tuntutan masyarakat dan teknologi di era global.

Visi

Pusat pengembangan kajian Pendidikan Ilmu Sosial berbasis etnopedagogi di Asia Tenggara pada 2039

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana menggunakan pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner berbasis etnopedagogi sebagai pengembangan kajian pendidikan ilmu sosial untuk meningkatkan kecakapan dalam menyelesaikan permasalahan masalah sosial di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  2. Melaksanakan penelitian berkaitan pengembangan kajian Pendidikan Ilmu Sosial berbasis etnopedagogi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai tindak lanjut hasil penelitian dan pengembangan kajian Pendidikan Ilmu Sosial berbasis etnopedagogi yang memberi umpan balik terhadap penyelesaian masalah sosial di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri untuk pengembangan program studi dibidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan pendidik IPS yang mampu mengaplikasikan kajianPendidikan Ilmu Sosial berbasis etnopedagogi sebagai dasarpengembangan strategi pembelajaran IPS.
  2. Menghasilkan produk pembelajaran yang dapat memperkenalkan potensi lokal ke tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan penelitian kajian Pendidikan Ilmu Sosial berbasisetnopedagogi yang dapat dipublikasikan di tingkat lokal, nasional maupuninternasional.
  4. Terwujudnya program pengabdian sebagai tindak lanjut hasil penelitiankajian Pendidikan Ilmu Sosial berbasis etnopedogi. Peningkatan dan perluasan jaringan kerjasama dengan berbagai instansiterkait dalam rangka pengembangan tridharma perguruan tinggi.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran dan strategi pencapaian Program Studi Pendidikan IPS FKIP disusun mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) pada rentang waktu 2022-2026. Adapun milestone Prodi PIPS dilihat sebagai berikut: