Pelatihan Design Poster oleh Program Studi Pendidikan IPS

Jendela IPS – Telah dilaksanakan Pelatihan Design Poster oleh Program Studi Pendidikan IPS. Sebanyak 30 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan IPS Universitas Lambung Mangkurat yang mengambil mata kuliah Masyarakat Kebudayaan Banjar khususnya mengikuti kegiatan pelatihan ini. Pelatihan Design Poster ini mengangkat tema “Developing Skills in Making Educational Posters for 21st Century Teachers”. Pelatihan ini dilaksanakan di Ruang 17 (Laboratorium Penulisan IPS) FKIP ULM yang dimulai dari pukul 13.00 – 15.00 WITA.

Pada kegiatan Pelatihan Design Poster ini mendatangkan seorang pelatih yaitu alumni dari Program Studi Pendidikan IPS yang saat ini menjadi seorang editor team di BPMP Kalimantan Selatan, Muhammad Risky, S.Pd. Sebelum memulai kegiatan pelatihan, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Design Poster ini sangat penting diadakan karena akan menunjang kita mahasiswa yang akan menjadi seorang guru untuk menambahkan skill kita sebagai guru di abad – 21 ini.

Dosen Program Studi Pendidikan IPS, Muhammad Rezky Noor Handy, S.Pd, M.Pd selaku pengampu mata kuliah Sumber Belajar juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sangat diperlukan semua mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS untuk belajar dan mengasah kemampuan, keterampilan, serta kekreatifan mahasiswa supaya nantinya dapat mengimplementasikannya dengan membuat sebuah media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran untuk peserta didik.

Muhammad Risky, S.Pd selaku Instructor dalam kegiatan ini menyampaikan unsur – unsur dalam poster terlebih dahulu dan memberi contoh sebuah poster yang struktur dan unsur nya sudah benar. Setelah itu, baru beliau langsung meminta para mahasiswa untuk membuka aplikasi editing Canva untuk  langsung melakukan praktik membuat sebuah poster. Para mahasiswa diberi contoh dan arahan bagaimana caranya memilih warna, font, gambar yang bagus agar mereka dapat menghasilkan design poster yang bagus.

Sebelum acara ditutup ada beberapa mahasiswa yang mengikuti pelatihan menyampaikan pendapatnya mengenai kegiatan Pelatihan Design Poster ini. Seperti kata Julia “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kami jadi mengetahui mengenai editing, bagaimana cara memilih Font, bingkai, gambar, dan warna yang tepat agar sebuah poster itu layak dibaca”. “Pelatihan ini sangat membantu dan membuka pengetahuan kami mengenai dunia editing, membuat poster yang bagus, dan melatih kreatifitas kita dalam membuat sebuah media pembelajaran yang menarik,”. – Tutur Muhammad Rifky mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS.

Harapan dari kegiatan Pelatihan Design ini adalah mahasiswa yang akan menghadapi abad 21 ini dapat beradaptasi dengan segala perkembangan zaman yang semakin pesat, dengan memperbanyak skill yang dimiliki diri sendiri dan mengasah kreatifitasnya dalam membuat media dalam pembelajaran yang menarik serta tidak membosankan bagi peserta didik.

Penulis : Rizky Martha Cahya Puspita