Peningkatkan Aspek Literasi Numerasi bagi Peserta Didik SMPN 14 Banjarbaru Lakukan Pelatihan Menulis

PENINGKATKAN ASPEK LITERASI NUMERASI BAGI PESERTA DIDIK SMPN 14 BANJARBARU LAKUKAN PELATIHAN MENULIS

Banjarbaru, Jum’at 23 Februari 2024 SMP Negeri 14 Banjarbaru mengadakan pelatihan penulisan bagi peserta didik sebagai bagian dari program penggerak dan meningkatkan aspek literasi numerasi bagi peserta didik.

Acara dibuka oleh kepala sekolah SMPN 14 Banjarbaru Aidil Abdi Rachman, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara hari ini bagian dari rangkaian hari jadi SMPN 14 Banjarbaru. Acara kemaren dibuka dengan market day, diteruskan dengan syukuran dan hari ini acara ini untuk meningkatkan kualitas literasi numerasi peserta didik agar mereka giat membaca dan menulis, ujarnya. Kegiatan yang dihadiri oleh peserta didik dan dewan guru. Keberadaannya dalam acara ini memberikan semangat dalam memulai menulis bagi peserta didik, tambahnya.

Materi pertama dipaparkan oleh Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M.Pd dengan memotivasi peserta didik SMP 14 Banjarbaru, bahwasannya masyarakat Banjar itu hebat menulis dilihat dari sejarah Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang menulis banyak buku. Disampaikan juga kalau menulis itu mudah dan tulis apa yang dipikirkan, katanya. Peserta didik juga diminta mengumpulkan tulisan baik puisi, cerpen atau apapun untuk di terbitkan, “kalian nanti tulis aja apapun yang kalian mau untuk di terbitkan”, tambahnya.

Selanjutnya Dr. Mutiani, M.Pd, juga menambahkan pentingnya keberanian dalam memulai hal yang diluar kebiasaan untuk menjadi berani, acara di akhiri dengan tanya jawab dan pemberian hadiah buku bagi peserta didik yang bertanya.

Penulis: M. Adhitya Ramadhan, Rizky Martha Cahya Puspita, Siti Aminah