Program Studi Pendidikan IPS Melakukan Sosialisasi Pentingnya Kesehatan pada Masyarakat Desa Sepakat Bersama

JENDELA IPS. Sabtu – 14 Oktober 2023. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat bekerja sama dengan pemerintah Desa Sepakat Bersama dan UPT Puskesmas Anjir Muara mengadakan acara Sosialisasi Program Kesehatan Masyarakat di Desa Sepakat Bersama, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala. Sosialisasi Program Kesehatan Masyarakat dilakukan untuk memberi edukasi masyarakat Desa Sepakat Bersama mengenai Kesehatan Masyarakat, Sosialisasi ini dihadiri oleh Pemuda yang menjalankan Posyandu Remaja di desa tersebut.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan penyampaian oleh Koordinator Program Studi Pendidikan IPS Dr. Mutiani M.Pd, yang mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama melakukan suatu gerakan masyarakat hidup sehat. Dalam sambutan yang disampaikan Program Studi Pendidikan IPS mendukung pentingnya hidup sehat dalam masyarakat. Selanjutnya kegiatan di ambil alih oleh mahasiswa Pendidikan IPS yang disampaikan oleh Siti Aminah yang dimulai dengan “Penyampaian beberapa materi mengenai Kesehatan Masyarakat seperti cuci tangan pakai sabun selama 60 detik.” Tutur Siti Aminah selaku Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS. Setelah kegiatan sosialisasi diadakan kegiatan pengecekan Kesehatan oleh UPT Puskesmas Anjir Muara. Kegiatan nya seperti tes golongan darah, tensi darah, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan.

Posyandu Remaja Desa Sepakat Bersama digunakan sebagai pusat pembelajaran masyarakat, literasi kesehatan, penyebaran informasi kesehatan, dan promosi kesehatan bagi masyarakat. Masyarakat memberikan respon positif terhadap kegiatan sosialisasi ini. Hal ini bisa dilihat dari antusias pemuda dan pemudi serta masyarakat mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Salah satu aparat desa Sepakat Bersama Nurul Azizah mengaku dengan adanya program sosialisasi yang diadakan oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS bekerja sama dengan pemerintah Desa Sepakat Bersama dan UPT Puskemas Anjir Muara diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menjalankan kegiatan Kesehatan masyarakat yang ada di lingkungan Desa Sepakat Bersama.