Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM Bersama

JENDELA IPS. BANJARMASIN – Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM mengadakan kegiatan Field Trip Bersama Pelajar Filipina. Kegiatan ini di laksanakan pada Sabtu (9/9/2023) di Pulau Curiak yang diikuti oleh Koordinator Program Studi S-1 Pendidikan IPS, Mahasiswa Pendidikan IPS dan Pelajar Filipina.

Kegiatan ini merupakan Field Trip dalam rangka mengajak dua orang mahasiswa yang berasal dari Filipina yang mengikuti Program Pertukaran Pelajar ke Universitas Lambung Mangkurat untuk mengenal Bekantan yang menjadi ikon Pulau Kalimantan. Mereka adalah Mclaine P. Fonacier berasal dari The Immaculate Conception (UIC) dan Allene Rose M. Bayron berasal dari Saint Louis University (SLU).

Pulau Curiak yang berada di Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala menjadi tujuan utama kegiatan Field Trip ini. Kegiatan Field Trip ini merupakan kegiatan kunjungan wisata antara Program Studi Pendidikan IPS dengan Mahasiswa Filipina tersebut. Perjalanan menuju Pulau Curiak pada hari sabtu pagi menggunakan kapal dengan jarak tempuh kurang lebih 40 menit.

Sesampainya di Pulau Curiak rombongan dari Program Studi Pendidikan IPS dan Mahasiswa Filipina disambut dengan Bapak Reza selaku tim lapangan dari Sahabat Bekantan Indonesia. Bapak Reza menyampaikan bahwa selain mejadi tempat habitat Bekantan, Pulau Curiak juga menjadi tempat tinggal beberapa satwa lainnya. Selain itu, Kawasan Pulau Curiak juga dijadikan sebagai tempat untuk menanam Mangrove Rambai sebagai upaya konservasi Mangrove Rambai di Pulau Curiak. Tutur – Reza selaku tim lapangan dari Sahabat Bekantan Indonesia.

Mclaine P. Fonacier dan Allene Rose M. Bayron mendapatkan pengalaman untuk pertama kalinya berkeliling Pulau Curiak menggunakan Klotok dan melihat anak Bekantan yang sedang bergelantungan di pohon-pohon menggunakan teropong agar semakin jelas melihat anak bekantan tersebut. Selain itu, dua mahasiswa dari Filipina juga beruntung berkesempatan untuk melihat Alpha Bekantan yang sedang berkumpul di pinggir pulau curiak dengan rombongan bekantan lainnya.

Penulis : M. Aditya Ramadhan & Rizky Martha Cahya Puspita