Kuliah Umum Kewirausahaan Program Studi Pendidikan IPS.

JENDELA IPS. Banjarmasin- Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM melakukan kegiatan tahunan yang berupa kuliah umum kewirausahaan Program Studi Program Studi S3, S2, S1 Pendidikan IPS Tahun 2023 dengan tema “Membangun Semangat Entrepreneur Muda Pada Era Society 5.0″ yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2023 di aula Pascasarjana ULM, pada jam 08:00 hingga selesai. Kuliah umum ini di hadiri oleh mahasiswa Pendidikan IPS ULM baik itu S1, S2, dan S3.

Dalam kesempatan ini, sambutan dan pembukaan yang diberikan oleh Dekan yang diwakilkan oleh WD3 Prof. Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M. Sc dan juga pembukaan oleh Koordinator Program Studi IPS S-1 Dr. Mutiani M.Pd. Kegiatan ini mehadirkan pemateri yang luar biasa, Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, M. Pd selaku Koordinator Pendidikan IPS Program Doktor ULM sebagai pengantar perkuliahan dan Dr. Agustus Sani Nugroho SH. MH. Selaku Direktur Utama PT Sentra Food Indonesia Tbk, dan masih banyak lagi, sebagai narasumber.

Dalam kuliah kewirausahaan ini diisi oleh narasumber Dr. Agustus Sani Nugroho SH.MH., beliau memamparkan mengenai tantangan Enterpreneur muda menghadapi era society 5.0, strategi, serta cara membangun semangat Entrepreneur muda pada era society 5.0 ini. Beliau berharap

“Dalam kegiatan ini Proses belajar dalam poin keilmuan dan teori itu penting, namun yang paling penting itu adalah praktek. Karena kita sudah belajar namun tidak ada praktek nya akan percuma, yang saya harapkan tidak hanya berhenti cuma sebatas teori, melainkan juga ada praktek didalam nya, memang paktek itu akan susah akan panjang, namun jika kita tidak melakukan kita tidak akan kemana mana”

Acara selanjutnya yaitu tanya jawab dan penyerahan juara yang telah melakukan dan mengerjakan praktek kewirausahaan pada perkuliahan kelas kewirausahaan oleh Dr. Agustus Sani Nugroho SH. MH.

“Dari hasil belajar mengajar di kelas kewirausahaan, memperoleh enterpreneur muda. Jangan diliat dari hasil hadiah yang didapat melainkan dari proses tersebut, karena proses itu lebih penting dari pada hadiah yang diberikan. Dari proses itu diharapkan dapat lebih berkembang lagi lebih jauh, ini baru awal. Jika mereka menggunakan konsep telah dipaparkan maka mereka akan semakin sukses lagi”

Harapan mengenai 3 orang pemenang tersebut dapat menginspirasi mahasiswa lain dalam berwirausaha sehingga akan meningkatkan kewirausahaan.

Sepatah dua patah kata dari Dr. Agustus Sani Nugroho SH. MH. yaitu “Enterpreneur muda akan menghadapi dunia yang keras, sangat kompetitif dan global. Jadi berpikir lah secara kreatif, bekerja keras, jaga berintegriti dan berpikir lah global. Kalau kalian berpikir tradisional, sempit, kalian akan tertelan oleh globalisasi ini. Bersemangat, jatoh tidak apa apa, yang penting bangkit”.

Penulis : Hapis Ansari