Penulisan Karya Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru

JENDELA IPS, Banjarmasin- Senin, 14 Agustus 2023. Program Studi Pendidikan IPS Melaksanakan Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Penulisan Karya Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Bagi Guru SMP di kota Banjanarmasin”. Pengabdian ini berkerja sama dengan SMPN 30 Banjarmasin sebagai peserta dalam pelatiha penulisan ini.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas guru-guru atau tenaga pendidik, khususnya dalam penulisan karya ilmiah antara lain seperti PTK ataupun penulisan artikel ilmiah lainnya. Hal tersebut didasari karena hasil analisis kebutuhan dari guru-guru itu sendiri untuk syarat-syarat kenaikan pangkat terutama dalam penulisan artikel ilmiah, sehingga Program Studi Pendidikan IPS sendiri memilih SMPN 30 Banjarmasin sebagai langkah awal dalam melatih guru-guru di Kota Banjarmasin sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru itu sendiri. Dan sebelumnya juga sudah beberapa kali dilaksanakn pengabdian awal di SMPN 30 Banjarmasin dengan pembahasan yang sama yaitu mengenai penulisan karya ilmiah ini.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdapat beberapa agenda dalam pelaksanaanya yaitu agenda utama kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah kepada para guru SMPN 30 Banjarmasin sebagai peserta dalam miningkatkan kemampuan profesionalisme guru-guru terutama dalam menaikkan grade, Tim Pengabdian yang dibantu oleh beberapa mahasiswa pendidikan IPS juga membantu dalam melatih guru-guru di SMPN 30 Banjarmasin dalam penulisan karya ilmiah khususnya penulisan PTK bagi guru. Menurut Nurul Qomariah, S. Pd yang merupakan kemahasiswaan bidang kurikulum “merasa sangat terbantu dengan adanya pengabdian ini, karena sbelumnya ada contoh seorang guru yang sempat terhambat penaikan pangkatnya dikarenakan tidak bisa menulis karya tulis ilmiahdalam bentuk PTK yang merupakan syarat utama dalam kenaikan pangkat. Dan beliau berharap bahwa dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat membuat guru-guru merasa mudah untuk menulis karya tulis ilmiah  terutama PTK untuk menaikkan pangkat mereka.”

Guru-guru terlihat antusias dalam mendengarkan serta mengikuti arahan dari tim pengabdian maupun dari para dosen yang memberikan materi tentang bagaimana cara Penulisan Karya Ilmiah yang disampaikan oleh Mahmudah Hasanah, S.Pd., M.Pd. selaku ketua Pengabdian. Serta Dr. Syaharuddin, M.A., Muhammad Adhitya Hidayat Putra, S.Pd., M.Pd., Muhammad Rezky Noor Handy, S.Pd., M.Pd., Rusmaniah, M. Pd., dan Muhammad Ridha Ilhami, M.Pd., sebagai pemateri lainnya.

Harapan setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini guru-guru lebih paham bagaimana cara dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar sehingga dapat membantu mereka dalam menaikkan grade guru dan membantu melatih guru-guru di SMPN 30 Banjarmasin dalam penulisan karya ilmiah dalam upaya peningkatan Profesionalisme guru itu sendiri.

Nama : Siti Zulfah