Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan

JENDELA IPS- BANJARMASIN. Keunikan pasar terapung di Banjarmasin telah dikenal sejak lama dan selalu menarik perhatian bagi wisatawan. Sebagai warisan masa lalu, pasar terapung ini perlu dilestarikan. Saat bertandang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengunjungi pasar terapung. Yang berada di Sungai Martapura, pasar yang memiliki nama Pasar Terapung Lok Baintan ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya unik. Transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli di pasar tradisional ini dilakukan di atas perahu yang mengapung. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa pasar ini dinamakan pasar terapung.

Pasar Terapung Lok Baintan merupakan salah satu ikon wisatayang ada diKalimantan Selatan yang sudah terkenal hingga ke pelosok negeri. Pasar Terapung Lok Baintan adalah salah satu pasar tradisional yang mengapung di perairan kalimantan luas, karena berada di aliran sungai Martapura tepatnya di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Keunikan yang masih ada di pasar terapung Lok Baintan yakni masih berlaku sistem barter. Sistem perdagangan di pasar ini masih cukup tradisional karena berlaku sistem barter, yaitu membeli sebuah atau lebih barang dengan menukarkan barang yang nilainya setara.

Menurut masyatakat setempat kami biasanya menukarkan sayur atau buah dengan ikan, menukarkan buah dengan kue, dengan demikian kedua penjual sama-sama mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Akan tetapi, jika Anda ingin membeli sayuran dengan uang pedagang pasar terapung Lok Baintan juga menerima transaksi tunai, namun sekarang masyarakat yang ada disana lebih sering menggunakan uang dibandingkan barter.

Harga masih murah dan langsung dari petani. Karena langsung dari petani dan sangat segar, anti pestisida tentunya jika Anda mau terjun belanja. Setiap harinya, pedagang akan memanen sayuran atau hasil bumi dalam jumlah yang mereka perlukan untuk mereka jual. Jangan heran ketika buah dan sayurnya begitu segar.

Penulis : Emelia