Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS Mengabdi: Penanaman Bibit untuk Lingkungan Lebih Hijau dan Asri di Sekolah Menengah Banjarmasin.

JENDELA IPS- BANJARMASIN. Banjarmasin, 12 Agustus 2023 – Himpunan Mahasiwa (HIMA) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) dari perguruan tinggi Universitas Lambung Mangkurat (ULM), dalam upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengajarkan nilai-nilai cinta alam kepada generasi muda HIMA meluncurkan inisiatif penanaman bibit pohon di tiga sekolah menengah di Banjarmasin. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk penghijauan, tetapi juga mengajarkan pentingnya pelestarian lingkungan kepada generasi muda.

Inisiatif yang dimulai oleh Himpunan Mahasiwa Pendidikan IPS ini bertujuan untuk mengenalkan kepada generasi muda pentingnya pelestarian alam dan keanekaragaman hayati serta meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya lingkungan yang sehat dan lestari.

Kegiatan pengabdian ini telah dilakukan di tiga sekolah menengah di Banjarmasin, yaitu SMPN 11, SMPN 13, SMPN 32. Dalam serangkaian kegiatan, mahasiswa dan anggota Himpunan Mahasiswa pendidikan IPS melakukan penanaman bibit pohon di area-area strategis di sekolah-sekolah tersebut.

SMPN 11 dikenal dengan berbagai kegiatan sosialnya memiliki tradisi jumat bersih yang dilakukan oleh siswa. Guru SMPN 11 mengungkapkan, kegiatan ini biasanya dilakukan dengan membersihkan halaman kelas dan seluruh lingkungan sekolah. Selain itu, ada juga kegiatan Jum’at Sehat yang melibatkan kerjasama dengan Puskesmas setempat dan Jum’at takwa yang mengedepankan aspek keagamaan biasanya kegiatan tersebut di rolling tiap minggunya. Dengan penanaman bibit sebagai bagian rangkaian kegiatan dari HIMA PIPS dan juga mengajarkan kepada siswa pentingnya merawat lingkungan dalam semua aspek kehidupan.

Di SMPN 13, kepala sekolah dengan tulus mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh HIMA PIPS penanaman bibit pohon. Bibit-bibit ini tidak hanya dimanfaatkan untuk penghijauan lingkungan sekolah, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan peserta didik tentang kepentingan alam dan pentingnya menjaga keberagaman flora. Guru di SMPN 13 merasa bahwa kegiatan semacam ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan mengajarkan nilai-nilai berharga kepada generasi muda.

Guru di SMPN 13 juga menyampaikan pandangannya terhadap manfaat kegiatan ini. Mereka berharap bahwa kegiatan penghijauan akan membuat lingkungan menjadi lebih asri dan memberikan tambahan oksigen bagi lingkungan sekitar. Mereka juga menyoroti pentingnya mengajarkan anak-anak untuk lebih peka terhadap lingkungan, karena generasi muda sering kali kurang peka terhadap isu-isu lingkungan. Dalam pandangan mereka, upaya ini tidak hanya untuk masa kini, tetapi juga untuk masa depan anak-anak muda.

Sementara itu, wakil kepala sekolah SMPN 32 menyoroti peran penanaman bibit pohon dalam merubah suasana sekolah. Sekolah ini terutama fokus pada perubahan di depan perpustakaan sekolah ini yang masih terlihat gersang. Dengan penanaman bibit, mereka berharap dapat menciptakan suasana yang lebih rindang, sejuk, dan indah. Ini juga berkontribusi pada menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman bagi siswa.

Kegiatan penanaman bibit pohon di tiga sekolah ini membuktikan kepedulian HIMA PIPS dalam menjaga lingkungan sekitar dan memberikan kontribusi nyata dalam upaya penghijauan. Lebih dari sekadar penanaman bibit, kegiatan ini juga menjadi pelajaran berharga bagi siswa tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan. Diharapkan, upaya ini dapat mendorong semangat generasi muda untuk terlibat lebih aktif dalam melestarikan bumi kita, sehingga masa depan lingkungan yang lebih baik bisa diwariskan kepada mereka.

Penulis: Helma

Reporter: Nur Annisa