PELATIHAN PEMBUATAN KURSI DARI BOTOL BEKAS (EKOBRIK)

JENDELA IPS-BARABAI-Pelatihan pembuatan kursi dari botol bekas (ekobrik) di Desa Babai, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Senin (7/8) pagi.

Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Babai bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Adanya pelatihan tersebut merupakan suatu usaha untuk menanggulangi masalah sampah yang ada di kota Barabai, dikarenakan sampah yang sudah sangat menumpuk.

Sehingga dengan adanya pelatihan tersebut masyarakat dapat memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

“Pembuatan kursi dari botol bekas (ekobrik) ini sangat bisa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang tidak berkesibukan atau saat ada waktu luang, dengan memanfaatkan sampah yang ada di rumah sehingga tidak ada lagi sampah”, imbuh Nurul Huda selaku narasumber tim Dinas Lingkungan Hidup

Modal yang dikeluarkan untuk membuat kursi dari botol bekas (ekobrik) tersebut tidak banyak, cuman membutuhkan botol bekas yang berukuran besar, sampah plastik yang di potong kecil-kecil, lakban, tali rafia, dan gunting.

Untuk pembuatan kursi biasanya memerlukan 19 botol yang sudah diisi potongan plastik dan di tumbuk menggunakan besi.

Bainah tokoh masyarakat setempat mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, dikarenakan tidak hanya ikut serta mengurangi sampah tetapi juga kursi yang sudah dibuat bisa digunakan untuk tempat duduk di rumah.

“Jangan buang sampah sembarang, dan sebisa mungkin lah untuk memanfaatkan sampah sesuai jenisnya,” tandasnya.

Penulis: Alpisah