Mengenal Makam Sultan Suriansyah Raja Banjar Pertama Yang Memeluk Islam di Kampung Kuin Banjarmasin

JENDELA IPS-BANJARMASIN – Jumat, 11/08/2023 kampung Kuin merupakan tempat bersejarah umat islam di Kalimantan Selatan yaitu makam dan mesjid Sultan Suriansyah merupakan raja islam pertama di Banjarmasin yang memeluk agama islam maka tidak heran jika tempat tersebut di jadikan sebuah objek wisata religi peziarah yang ramai dikunjungi para wisatawan baik dari kota Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, maupun daerah Kalsel lainnya seperti Hulu Sungai dan daerah-daerah Kalimantan sekitaran lainnya.

Dari pusat kota Banjarmasin, kawasan wisata sejarah dan religi itu hanya memerlukan waktu 10-15 menit. Namun bisa juga dijangkau lewat jalur sungai menggunakan perahu motor (klotok) dari siring tepi Sungai Martapura.

Menurut warga setempat yang berada di sekitaran kampung tersebut mengatakan “masjid dan komplek makam Sultan Suriansyah merupakan salah satu objek wisata religi di kota Banjarmasin yang banyak dikunjungi wisatawan, disetiap harinya apalagi di hari libur dan hari nisfu syaban,” ungkap Idi merupakan warga asli sekitaran mesjid Sultan Suriansyah kampung Kuin.

Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada masa perintahan Sultan Suriansyah (1526 – 1550), Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Letak mesjid Sultan Suriansyah ini juga tidak terlalu jauh dari makam Sultan Suriansyah.

“Jaraknya hanya sekitaran 500 meter sehingga para wisatawan yang berkunjung ke masjid selalu menyempatkan ziarah ke makam Sultan Suriansyah. Atau, sebaliknya mereka yang terlebih dahulu berkunjung ziarah ke makam selalu menyempatkan mengunjungi masjid karena letaknya memang tidak terlalu jauh,” ungkap Suhaimi merupakan warga asli sekitaran mesjid Sultan Suriansyah.

Penulis : Nur Annisa