Kerok Telur Krenyes Gurih Ala Betawi

JENDELA IPS, BANJARMASIN – Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari campuran beras ketan, telur bebek, dan kelapa parut sangrai. Makanan ini banyak sekali dijual di sekitaran ibu kota terutama kawasan hiburan.

Makanan kerak telor ini  terbuat dari telur, serundeng serta beras ketan ini memang selalu bisa dinikmati bersama keluarga teman, pasangan dsb. Kerak telor umumnya dimasak menggunakan wajan dan dinikmati saat masih hangat agar rasa gurihnya semakin menggugah selera.

Kerak telor dipercaya telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, kerak telor diciptakan oleh masyarakat Betawi secara tak sengaja. Kerak telor tercipta setelah masyarakat Betawi atau Batavia coba-coba membuat beragam makanan dengan memanfaatkan banyaknya buah kelapa di sana. Dari coba-coba inilah kemudian tercipta kerak telor.

Tutur kata pembeli (Desy) Perpaduan dari nasi, telur, dan kelapa itu memiliki rasa unik. Rasa dengan gurih dari kelapa parut dan dari perpaduan bahan lainnya yang membuat nikmat saat menyatap kerak telur yang ia beli di Festival Wisata Budaya Pasar Terapung Banjarmasin Tahun 2023. Kamis (14/8) 2023.

Penggunaan dua jenis telur dalam pembuatan kerak telor ternyata juga memiliki tujuan tersendiri. Telur bebek untuk menghasilkan cita rasa yang lebih gurih, sedangkan telur ayam juga diperlukan agar tekstur kerak telor tidak terlalu kering.

Kudapan kelas atas kalangan bangsawan Belanda ini dimasak dengan metode memasak yang cukup unik, yakni dengan membalik wajan yang digunakan di atas anglo (tungku kecil) untuk mematangkan telurnya. Pedagang kerak telor biasanya menggunakan arang dari batok kelapa atau arang kayu rambutan, karena kedua jenis arang tersebut dapat membuat masakan menjadi lebih harum.

Penulis : Putri Imaniyati & Nurul Hasanah