Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan MGMP IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) GURU IPS di Kota Banjarbaru.

JENDELA IPS – BANJARMASIN, Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Pada pertemuan pertama kegiatan dilaksanakan secara online pada aplikasi zoom meeting yang diisi oleh dosen Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM, Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd. dan Dr. Syaharuddin, M.A. yang menyampaikan materi tentang kiat menemukan tema dan sistematika dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Sabtu, 15 Juli 2023 lalu.

Kemudian pada Kegiatan kedua yang dilaksanakan secara offline hari ini, Jumat, 21 Juli 2023 bertempat di aula SMP Negeri 1 Banjarbaru pada pukul 09:00 WITA dengan dihadiri oleh Dosen Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM, Pejabat Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru dan MGMP IPS Kota Banjarbaru sebagai mitra.

Acara ini dipandu oleh bapak M. Ridha Ilhami, M.Pd. Sebelum memasuki kegiatan inti, terdapat sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Tetty anggaraini, S.Psi, Pengawas mata pelajaran IPS Kota Banjarbaru, Ani Anjar Wati, M.Pd. dan Koordinator MGMP IPS Kota Banjarbaru, Aidil Abdi Rachman, M.Pd.

Selanjutnya pada kegiatan inti, materi disampaikan oleh dosen Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM, Dr. Mutiani, M.Pd. Beliau menyampaikan materi tentang cara penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mulai dari bagian pendahuluan, kajian pustaka, rencana tindakan, hipotesis tindakan dan metode penelitian. Pada kesempatan tersebut juga beliau melakukan coaching clinic terhadap proposal PTK satu diantara guru yang telah selesai dibuat, agar guru IPS yang mengikuti kegiatan tersebut dapat langsung memperbaiki penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah mereka buat.

Program kemitraan ini diharapkan dapat terus terjalin antara Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM dengan MGMP IPS Kota Banjarbaru untuk membantu guru IPS diwilayah tersebut dalam meningkatkan kompetensinya.

Penulis : Yusup dan Hairunnisa