BUKA PUASA BERSAMA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FKIP ULM BERSAMA RUMAH YATIM ARRISALAH

Banjarmasin-Selasa, 11 April 2023. Sungguh luar biasa Himpunan mahasiswa Pendidikan IPS yang berada dibawah naungan Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM baru-baru ini mengadakan kegiatan buka bersama mahasiswa Pendidikan IPS dan juga mengajak rumah yatim arrisalah dalam kegiatan buka bersama di Aula Kayuh Baimbay Balai Kota Banjarmasin. Pad hari minggu, 9 April 2023.

Kegiatan buka bersama mahasiswa Pendidikan IPS bersama rumah yatim Arrisalah yang bertema yaitu “Mempererat Silaturahmi dalam semangat Kebersamaan di bulan yang suci”. Kegiatan ini dilaksanakan di tempat Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin.

Kegiatan ini menghadirkan Tamu yang sangat luar biasa yaitu Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin, Bapak Dr. Machli Riyadi, SH, MH, dan juga Penceramah yang sangat luar biasa, yaitu Koordinator Program Studi Pendidikan IPS Bapak Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas BA. M.Pd. dan Bapak Dr. Syaharuddin M.A.

Kegiatan diisi dengan pengantar yang di sampaikan oleh Bapak Dr. Machli Riyadi, SH, MH, Sebagai Selanjutnya pemberian Bingkisan atau Kenang-kenangan untuk Rumah Yatim Arrisah berupa Sembako, al-qur’an dan Baju, yang diperoleh dari hasil donasi Orang-orang baik. Acara Berikutnya yaitu penyampaian ceramah pertama, Kuliah Religius Ramadan yang di sampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas BA. M.Pd, dan Ceramah kedua, Ceramah Agama yang disampaikan oleh Bapak Dr. Syaharuddin M.A. hingga menjelang buka puasa bersama, dan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah.

“Sebuah kegiatan yang sangat positif yang dibuat oleh  prodi pendidikan ips, kegiatan ini sangat bagus sekali, selain membentuk solidaritas kepada sesama kita yaitu kaum dhuafa mengundang para anak yatim, dan juga ini akan mengasah kecerdasan spiritual kita untuk berbagi kepada sesama dan tentunya ini merupakan sebuah kegiatan yang diharapkan di masa masa yang akan datang kita tetap terus dilaksanakan dan tidak hanya berhenti pada bulan ramadhan tetapi itu dikembangkan pada kegiatan kegiatan kemanusiaan yang lainnya. saran kami kegiatan yang harus diprogramkan setiap tahun sekira untuk teman-teman mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS, harapannya ini menjadi Trigger bagi mahasiswa jurusan yang lainnya karena adanya kegiatan sangat positif sekali ya jadi menjadi pencetus fakultas-fakultas yang lainnya untuk berbagi kepada sesama tentu dan tentu sangat mendukung program ini didukung oleh pemerintah” Ujar Bapak Dr. Machli Riyadi, SH, MH, untuk harapan dan saran kedepannya.

“Mahasiswa harus melakukan hal ini, jadi manusia tidak boleh Cuma memikirkan diri sendiri apalagi dalam bulan puasa. Dalam bulan puasa, yang pertama kita harus menjaga iman kita,sebagian dari taqwa, didalam kita beriman memiliki tanggung jawab, terlebih terhadap yang berkekurangan seperti anak yatim jadi apa yang dilakukan mahasiswa ini sudah seharusnya, dan saya sebagai koordinator program studi, saya mengapresiasi. Sarannya diadakan saja lagi nanti, semakin sering semakin baik,tapi sebelumnya kegiatan program studi seperti itu berlanjut, kita bekerja sama dengan berbagai pihak, lalu kemudian kita melakukan, aksi-aksi sosial jadi sebagai penyandang predikat prodi ilmu sosial, kita harus melakukan itu, tinggal mahasiswa meningkatkannya saja lagi,intensitasnya diperbanyak”. Ujar Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas BA. M.Pd harapan dan sarannya untuk kegiatan ini bagi mahasiswa.

Dengan adanya kegiatan ini agar dapat menumbuhkan tali silaturahmi kepada sesama kita dan dapat memicu mahasiswa lain juga dapat melaksanakan kegiatan yang sama juga dan meningkatkan nya lagi.

Penulis : Akhmad Hapis Ansari