Pengurus Baru APRIPSI adakan Susur Sungai Banjarmasin yang di Inisiasi oleh Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM

Banjarmasin – Minggu, 13 November 2022.Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM mengadakan kegiatan susuban (Susur Sungai Banjarmasin).

Kegiatan susur sungai Banjarmasin ini merupakan Suatu kegiatan yang dilakukkan dalam rangka menyambut Pengurus baru APRIPSI Periode 2022-2027 di Banjarmasin, kegiatan ini diikuti oleh Pengurus Apripsi dan Dosen Pendidikan IPS.

Kegiatan susur sungai ini berlangsung dari jam 05.30 dengan titik kumpul di Patung Bekantan, tujuan pertama susur sungai yaitu ke Pasar Terapung Lok Baintan dengan durasi perjalanan 1 jam 15 menit untuk sampai ke pasar lok baintan, sampai disana para pengurus APRIPSI takjub akan kultur budaya masyarakat Banjar yang masih kental di era sekarang, dibuktikan dengan adanya proses perekonomian masyarakat bantaran sungai masih menjadikan pasar terapung sebagai mata pencarian utama. Tak tahan dengan dagangan masyarakat Lok Baintan yang penuh dengan buah-buahan segar serta kue khas banjar yang menggoda membuat peserta susur sungai Banjarmasin ikut meramaikan proses jual beli dari atas kelotok.

Setelah puas dari pasar lok baintan selanjutnya rombongan menuju ke Wisata kuliner Banua Anyar yaitu rumah makan Soto Bang Amat untuk menikmati kuliner khas Banjar. Setelah selesai sarapan rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke kampung sasirangan sungai jingah.

Sampai di kampung sasirangan sungai jingah, peserta rombongan diberikan kesempatan untuk melihat proses produksi sasirangan yang ada di kampung sasirangan sungai jingah. Tidak sedikit dari peserta juga membeli kain sasirangan hasil produksi masyarakat disana untuk dijadikan sebagi kenang-kenangan. Pukul 10.30 peserta rombongan kembali ketitik awal yaitu Patung Bekantan.

Tanggapan Bapak Ridha Ilhami Selaku Koordinator Lapangan pada kegiatan ini berharap Susur Sungai seperti ini semoga terus dilaksanakan dan menjadi ciri khas dari Prodi Pendidikan IPS.

Sumber : Wawancara

Penulis : M. Aditya Ramadhan & Nur Annisa

Dokumentasi : Yusup