Seminar Nasional Pendidikan IPS Mengenai Kewirausahaan “Bergerak Menuju Generasi Milenial Yang Cerdas Dan Inovatif Menjadi Wirausaha Muda Dengan Memanfaatkan Media Sosial”.

Banjarmasin-Kamis, 10 November 2022 Telah berlangsung Seminar Nasional dengan tema “Bergerak Menuju Generasi Milenial Yang Cerdas Dan Inovatif Menjadi Wirausaha Muda Dengan Memanfaatkan Media Sosial” yang berlangsung digedung General Building Lecture Theater ULM. Serta dihadiri Ratusan Mahasiswa dan Dosen Pendidikan IPS FKIP ULM. Dimoderatori oleh Zulvi Ainul Ilmy, kegiatan ini dimulai Pukul 09.00 WITA s.d. Selesai.

Pada seminar ini panitia mendatangkan narasumber hebat seperti Narasumber pertama Muhammad Hafidl Maulana seorang Owner percetakan Akuprint, Bendahara Global Entrepreneur Profesional Banjarmasin, Ketua Pemuda Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2022. Narasumber kedua Fajar Rizki Rahman seorang pemuda Digital Marketing Expert. Pengantar yaitu Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M.Pd beliau selaku Koodinator Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM.

Dalam seminar ini banyak sekali pembelajaran yang sangat bermanfaat, khususnya dalam dunia wirausaha dan juga sebagai media komunikasi untuk bertukar pengetahuan dan juga pengalaman narasumber sendiri kepada peserta agar pesrta dan mahasiswa termotivasi membuka usaha dengan memanfaatkan sosial media yang mereka punya untuk mempromosikan usaha mereka ciptakan dengan inovasi mereka punya serta menggunakan kreatifitas mereka punya masing-masing dimedia sosial.

Tanggapan dari Ibu Rusmaniah M.Pd beliau selaku dosen dan sekaligus pembina kemahasiswaan Pendidikan IPS FKIP ULM dengan adanya kegiatan seminar nasional kewirausahaan ini sebagai bekal mahasiswa dalam menginspirasi mereka dalam melakoni dunia wirausaha. Beliau mengatakan “kita lihat dalam dunia kerja sendiri tidak semua tenaga kerja bisa terserap oleh lapangan pekerjaan artinya tenaga kerja yang dihasilkan itu lebih banyak dari pada lapangan pekerjaan yang tersedia, Jadi harapan dengan adanya seminar Kewirausahaan ini agar para mahasiswa punya inspirasi dan juga motivasi untuk nantinya menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu dengan wirausaha jadi ini adalah salah satu solusi untuk nantinya mencegah yang namanya pengangguran”.

Penulis: Akhmad Hapis Anshari dan Nur Annisa

Sumber: Wawancara