Sambut Hari Jadi, Kota Banjarmasin Melakukan Fun Walk Raising The Standard With Cambridge English.

Minggu, 25 September 2022 telah berlangsung kegiatan Fun Walk raising the standard with Cambridge English yang bertempat disekitaran gerbang air mancur Masjid Sabilal Muhatadin. Peringatan hari jadi kota banjaramasin ke-496 menjadi kegiatan yang dilaksanakan secara offline yang melibatkan seluruh masyarakat kota Banjarmasin, Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan besar yang dilakukan pasca pendemi Covid-19, 2 tahun lalu.

Pada kegiatan ini turut hadir H. Ibnu Sina,S.Pi, M.Si, selaku walikota Banjarmasin, Kepala Dinas Pendidikan Nuryadi, S.Pd, dan Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. selaku Rektor Universitas Lambung Mangkurat. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh para dosen Universitas Lambung Mangkurat. Menurut Nuryadi, S.Pd, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang melibatkan para pelajar di kota Banjarmasin, yang kedua sesuai dengan visi misi walikota yaitu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang kita siapkan sedari dini dan mungkin ada beberapa bahasa yang memang harus diperbaiki salah satunya bahasa inggris yang selalu diterapkan oleh Dinas Pendidikan Banjarmasin.

Ungkapan dari Nuryadi sesuai dengan hasil wawancara Bersama Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. selaku Rektor Universitas Lambung Mangkurat. Beliau mengatakan “Pelajar beserta pemerintahan di Kota Banjarmasin ikut memeriahkan peringatan hari jadi kota Banjarmasin 496 tahun dengan mengundang siswa-siswa SD, SMP, dan Mahasiswa FKIP IPS mengikuti Fun Walk dengan kegiatan ini membangun kebersamaan dan juga mendorong masyarakat sehat dan segar bugar. Di samping itu juga kita berkomitmen membantu pemerintah kota Banjarmasin dalam menigkatkan Sumber Daya Manusia agar Banjarmasin dapat menjadi kota Internasional apabila masyarakatnya pandai dalam berbaha inggris di samping itu juga meningkatkan daya saing warga Banjarmasin di tingkat nasional maupun internasional. Mari kita mendukung kegiatan Briton English Education mudahan apa yang mereka perjuangkan bisa berjalan dengan lancar “.

Pendapat dari salah satu dosen Pendidikan IPS Mutiani, M.Pd. mengatakan “ alhamdulillah kegiatannya menyenangkan didukung pula harinya yang cerah jadi kita mengerahkan mahasiswa dari Prodi Pendidikan IPS lebih dari 100 untuk meramaikan acara Fun Walk yang diinisiasi oleh Brigton English Education supaya semakin meramaikan suasana dan juga meningkatkan Kerjasama dengan beberapa lembaga karena tadi ketemu dengan Kepala Dinas Pendidikan, Pak Rektor, Walikota, Kepala Sokalah dari SD dan SMP yang terlibat “.

Rute kegiatan ini dimulai dari titik start Gerbang Air Mancur masjid Sabilal Muhtadin dan finish dititik yang sama. Menurut siswa yang mengikuti kegiatan ini ,Denayu Mengatakan “kegiatan ini sangat membuat mereka lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan jalan santai karena dilakukannya bersama-sama temen lain baik satu sekolah maupun dari luar luar sekolah.” Hal tersebut didukung dengan ungkapan dari ibu Emelda pendamping siswa SMPN 6 menurut beliau acara ini sangat bagus menambah kekompakan para siswa. Adapaun tuntutan Acara kegiatan ini terdiri dari kuis, penyampaian yel-yel dari setiap sekolah serta pemberian penghargaan dari duta Bahasa Inggris Briton English Education, kegiatan Fun Walk ini diakhir dengan penampilan tari Baksa Kembang yang ditampilkan oleh mahasiswa Prodi PG PAUD dan PGSD.

Penulis : Nur Annisa

Editor : Siti Zulfah

Sumber : Wawancara