WADAI BARAS MENJADI DAYA TARIK MINAT MASYARAKAT

Banjarmasin- Sabtu, 24 September 2022. Kalimantan Selatan kaya akan makanan khas daerah nya, terdapat 41 macam wadai khas Banjar yang terkenal di kalangan masyarakat luas. Salah satunya yaitu wadai baras atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Banjar dengan sebutan roti baras. Roti baras merupakan kue khas daerah Hulu Sungai yang terbuat dari tepung beras serta dibuat dengan cara dipanggang. Sebelumnya jarang sekali adanya roti baras ini dan hanya ada di daerah-daerah tertentu saja, namun seiring waktu kini Roti baras menjadi daya tarik minat masyarakat apalagi pada saat hari-hari besar seperti saat hari raya idul fitri, hari raya idul adha, saat acara hajatan dan acara besar lainnya. Selain sebagai hidangan di hari-hari besar, roti baras sendiri juga dihidangkan ditengah-tengah perkumpulan keluarga, biasanya roti baras dihidangkan bersama teh hangat sebagai pelengkap disaat terjadi perbincangan keluarga. Banyak terdapat penjual roti baras ditengah-tengah Kota terutama Kota Banjarmasin.

Salah satunya Hj. Lisa Jati yang merupakan penjual roti baras menurut beliau keunikan dari roti baras ini dibandingkan wadai-wadai khas Banjar lainnya adalah dibuat dengan tepung beras asli yang digiling sendiri dan gula merah asli yang didatangkan dari daerah Barabai. Adapun keunikan lainnya dimana roti baras yang beliau buat dibandingkan roti baras lainnya. Roti baras memiliki aroma yang khas dimana aroma gula merah asli tercium sangat wangi sehingga menjadi daya tarik minat pembeli. Proses pembuatan dari roti baras sendiri adalah dimana tepung beras dicampurkan dengan gula merah yang telah dicairkan, selanjutnya proses pembuatan dari roti baras adalah dengan cara dipanggang di kompor dengan menggunakan cetakan sehingga roti baras yang dihasilkan berbentuk kecil sehingga memudahkan kita untuk menyantapnya.

Kepopuleran roti baras sendiri kini menjadi sangat pesat tidak hanya masyarakat daerah saja yang mengetahuinya, namun kini pendatang-pendatang yang berasal dari luar daerah pun berburu roti baras. Roti baras kini juga banyak dijumpai diberbagai toko-toko pusat oleh-oleh Banjar, di pinggir jalan, dan lokasi-lokasi wisata yang berada di Banjarmasin. Roti baras sendiri juga selalu ditampilkan saat ada acara seperti pameran-pameran. Menurut penuturan Nordiansyah seorang pendatang asal Jakarta “Roti baras menjadi buah tangan yang wajib dibeli apabila berkunjung di Banjarmasin. Dengan rasa dari roti baras yang memili ciri khas tersendiri dibandingkan kue yang ada di daerah Jakarta sangat berbeda. Sehingga apabila saya berkunjung ke tempat keluarga di Banjarmasin, saya selalu meminta keluarga untuk menyiapkan roti baras agar dapat saya bawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga, tetangga dan teman-teman yang ada di Jakarta”. Roti baras tidak hanya populer di Banjarmasin namun juga populer diberbagai daerah bahkan diluar Kalimantan Selatan.

Penulis : Noraidarayanti

Narasumber : Hj. Lisa Jati (Penjual roti baras) dan Nordiansyah

Dokumentasi : Hj. Lisa Jati

Sumber : Wawancara dan Internet