Ritual Betulak/Betolak Bala Di Kelayan A Dalam

Banjarmasin – Jumat, 24 September 2022. Betolak Bala ini dilakukan masyarakat Kelayan A Dalam jika ada warga setempat sosok makhluk yang diduga sering disebut dengan istilah hantu api maka secepat mungkin warga untuk melakukan proses ritual betulak bala ditempat serta sekitaran yang dilihat sosok hantu serta berkeliling gang.

Prosesi ritual ini memang sudah ada dari nenek moyang yang mempercayai tolak bala ini dipercaya masyarakat Kelayan A Dalam bisa menghindarkan perkampungan dari musibah atau marabahaya. Dipimpin oleh pemuka agama setempat, betolak bala adalah bentuk ikhtiar selebihnya berserah kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah yang tidak diinginkan.

“Shalat Isa di langgar habis itu sholat hajat, habis itu baca yasin, habis itu baca sholawat kamilah, doa Setelah itu keluar keliling-keliling, Acara betulak bala dimulai dari setelah shalat isa dan hajat kemungkinan berakhir kurang lebih dari pukul 22.00 WITA, setelah selesai warga kembali ke rumah masing-masing.” Ungkap pemuda warga kelayan Muhammad Amin.

Menurut warga Kelayan Dalam, Wahab, sebagai umat beragama kita harus berdoa kepada Allah SWT semoga terhindar dari musibah bencana yang tidak tahu kapan datangnya, dan semoga dengan adanya kegiatan ini kita berdoa bersama-sama keliling gang daerah yang dianggap terlilhat sosok hantu apinya. “Kita juga harus berikhtiar, berupaya mencegahnya dengan berhati-hati dan selalu minta perlindungan dengan membaca doa-doa agar tehindar dari hal-hal yang buruk, selain itu juga kita harus tetap jaga lingkungan supaya tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan,” ujar Muhammad Amin pemuda yang ikut dalam ritual betolak bala.

Penulis: Nur Annisa
Narasumber: Muhammad Amin