Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM Keluarahan Banua Anyar

Banjarmasin-Program Studi Pendidikan IPS Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat “Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM Dalam Upaya Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran Di Keluarahan Banua Anyar Kota Banjarmasin” pada hari Selasa , tanggal 28 Juni 2022. Pengabdian ini bekerja sama dengan Kelurahan Banua Anyar dan mitra UMKM yang ada di Kelurahan tersebut.

            Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para UMKM dalam memasarkan atau promosi produk yang dibuatnya dengan pemanfaatan Media digital. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh Dr. Syaharuddin, M. A, selaku Ketua Pelaksana dan Sambutan oleh  H. Muhammad Saleh Selaku Lurah Banua Anyar, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pelatihan Digital Marketing. Sehingga pelatihan ini nanti akan memberikan wawasan lebih banyak kepada UMKM dalam pemanfaatan media digital.

             Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini terdapat beberapa agenda dalam pelaksanaannya yaitu agenda utama  Pelatihan media digital sebagai tempat promosi dan pemasaran produk, para UMKM pada kegiatan ini dilatih bagaimana cara memfoto produknya sehingga kelihatan lebih menarik para konsumen terutama konsumen yang ada di media sosial. Salah satu cara yang dicontohkan oleh para dosen yang berpengalam dalam mempromosikan produknya yaitu bagaimana cara memfoto produk minuman dengan memunculkan embun di sekitar peroduk tersebut, yaitu dengan cara disemprot dengan air di alat penyemprot seperti penyemprot pembersih kaca biasanya. Selain itu diberikan contoh juga bagaimana memfoto makanan yang masih mengeluarkan asap, sebagai penenda bahwa makanan tersebut baru saja dibuat.

            Pada kegiatan pengabdian ini, peserta UMKM sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pemberian materi  dan juga pelatihan tentang bagaimana cara  pemanfaatan media digital untuk tempat promosi dan pemasaran produk mereka. Pemberian Materi dan Pelatihan tersebut di sampaikan oleh Rusmaniah, M.Pd., dengan materi “ Strategi Menjual Online “ dan Dhimas Pratama Nindy Putra Sari, S. Kom, dengan materi “ Teknik Memotret “. Pengabdian ini juga dihadiri oleh para dosen Program Studi Pendidikan IPS yaitu, Muhammad Ridha Ilhami M.Pd., Muhammad Adhitya Hidayat Putra M.Pd., Jumriani, M.Pd., Mutiani, M.Pd.,  dan Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.,. Pada kegiatan ini para peserta pengabdian mastyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran pandemi virus Covid-19 (Corona Virus Diseases 2019). 

            Harapan setelah dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan dan meningkatkan softskill kepada mitra UMKM Keluaran Banua Anyar dalam Pemasarandan Promosi Produknya. Selain itu Kegiatn ini dilakukan agar Program Studi Pendidikan IPS dapat memudahkan Para UMKM dan dapat kerja sama dengan Mitra UMKM Kelurahan Banua Anyar dalam membantu Pemasaran  produk mereka didalam dunia digital marketing baik dalam hal take foto produk mereka maupun belajar bagaimana pembuatan produk tersebut.

Penulis : Siti Zulfah