Workshop Kelayakan Penulisan jurnal internasional Terakreditasi

Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mengadakan Workshop Implementasi Penulisan jurnal internasional Terakreditasi. Dengan tema “On Evaluating The Eligibility Of Publication In Reputable Journal Applying The Concept” Pada tanggal 12 Juli di Ruang Rapat Senat Lantai 2 Rektorat. Narasumber pada Workshop ini adalah Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc, Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd, Dr. Ismi Rajiani, S.Pd, M.M dan Dr. Muhammad Iqbal.

Sesuai dengan surat Edaran Dirjen DIKTI Nomor 20150/E/T/2011 tentang kebijakan unggah Karya Ilmiah, Surat Edaran Dirjen  DIKTI No. 152/E/T/2012 tentang wajib  Ilmiah bagi S1, S2, dan S3 dan Permendiknas No. 17 tahun 2010 tentang pencegahan dan penanggulangan plagiat di Perguruan tinggi. Bagi Perguruan tinggi penulisan jurnal terpublikasikan Internasional sangatlah penting. Akan tetapi banyaknya keterbatasan dan kekurangantahuan bagaiaman penulisan jurnal internasioal, bagaimana proses penerimaan jurnal internasional sehingga banyak tulisan ilmiah yang tidak dapat publis pada jurnal Internasional.

Sesuai dengan realitas yang ada dilapangan jurusan Pendidikan IPS mengadakan Workshop yang berkelanjutan, workshop ini merupakan yang kedua kalinya dengan tema yang sama. Sebelumnya jurusan pendidikan IPS juga mengadakan Workshop yang memberikan informasi terkait Konseptual dan Gagasan penulisan jurnal internasional.  Dan memberikan informasi tentang Jurnal  Frontiers In Education yang mana Editor dan Reviewer nya dari Dosen Jurusan Pendidikan IPS yaitu Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Dr. Ismi Rajiani, S.Pd, M.M.

Adapun Tujuan dari Workshop hari ini adalah penerapan konsep sebelumnya dan Mencoucing atau mengKlinis artikel yang masuk sesuai dengan tamplet jurnal Frontier In Education agar dapat dipublish. Peserta yang mengikuti kegiatan Workshop ini sebenarnya adalah internal dari jurusan IPS, akan tetapi untuk menambah Gaungnya juga mengundang dari Jurusan  lain seperti JPOK,  Sendratasi, Bahasa Indonesia, dan ada juga diluar dari ULM yaitu dari UIN Antasari lima orang dan bahkan ada yang dari BALI dua orang. (Dr. Syaharuddin, S.Pd Ketua Jurusan Pendidikan IPS).

Dalam berjalannya Workshop pada hari ini peserta yang mengikuti sangat antusias dalam penjelasan yang diberikan narasumber terkait penulisan jurnal internasional yang dapat publis atau submit di Frontier In Education. Workshop berlangsung dari pukul 09.00 – 16.00 Wita.

Dr. Muhammad Iqbal selaku narasumber pada hari ini menuturkan bahwa dalam penulisan jurnal internasional banyak sekali yang masih mengalami kesulitan dalam penulisannya hal tersebut dikarenakan yang pertama adalah menemukan Novelty atau unsur yang baru dari sebuah penelitian tersebut, karena hal tersebut memerlukan usaha tinjauan  dan literatur review yang luas serta memerlukan wawasan yang luas pula. Sedangkan kelemaham kita dalam penulisan ini adalah pada tinjauan pustaka yang tidak kuat sehingga novelty nya tidak kuat juga.

Selain uraian tersebut Dr. Muhammad Iqbal juga menyampaikan harapannya setelah peserta mengikuti Workshop ini “ saya mengharapkan semoga peserta setelah mengikuti kegiatan ini mendapatkan wawasan dalam penulisan jurnal internasional, bagaimana penerimaan jurnal internasional dan mengetahui karakter-karakter bagaimana agar tulisan dapat di terima pada jurnal internasiona.

Dr. Syaharuddin, S.Pd selaku ketua jurusan Pendidikan IPS menuturkan harapan setelah dilaksanakannya kegiatan Workshop ini bagi peserta, semoga ada banyak artikel yang dapat dipublis dan di submit di Frontiers in Educatioan, semoga pada hari ini banyak artike yang layak untuk dapat dipublis dan disesuaikan dengan tamplate jurnal Frontier In Education.

Penulis : Nadiatul Izmi

Dokumentasi : Nadiatul Izmi