Diresmikan Oleh Rektor ULM, Hasil Kolaborasi PT POS dan PIPS ULM Lahirkan I-Pe-Es Shop

JENDELA IPS, BANJARMASIN. Mendukung penuh program dari Kemendikbud, kerjasama yang dijalin antara Program Studi Pendidikan IPS dan PT POS Indonesia yang bergerak pada bidang kewirausahaan sekaligus menjalankan Program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar. Tepat pada hari Senin, 7 Juni 2021 I-Pe-Es Shop diresmikan. Peresmian  I-Pe-Es-Shop di Kantor Pos Cabang Kayutangi berlokasi di Jl Cemara dilakukan dengan Pengguntingan Pita yang dilakukan oleh Rektor ULM.

Pada peresmian kemarin di hadiri oleh Kepala Kantor Pos Region 9 Kalimantan  Bapak Pramonu Djati, Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si. M.sc. Dekan FKIP Dr. Chairil Faif Pasani M.Si,  Koordinator Program Studi Pendidikan IPS Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, Serta Seluruh Dosen Pendidikan IPS dan Mahasiswa Pendidikan IPS.

Kerjasama yang dijalin merupakan bentuk sinergi antara PT POS Indonesia dan Program Studi Pendidikan IPS ULM agar saling memberikan manfaat satu sama lain, adapun poin kerjasama yang dijalin adalah kerjasama kemitraan bersistem perkaderan antara Program Studi Pendidikan IPS ULM dan PT POS Indoenesia  dalam hal ini jalur Kantor Pos Banjarmasin tentang pengelolaan kantor pos cabang Kayutangi yang dioptimalisasi dengan pelayanan agen pos Program Studi Pendidikan IPS.

Program Studi Pendidikan IPS selain menjadi agen pos  juga membuka unit usaha yang disebut I-Pe-Es-Shop yang menjual berbagai macam produk UMKM dari beberapa daerah di Kalimantan Selatan, serta dikembangkan juga untuk membuka unit usaha lain seperti Coffee Shop sebab saat ini Coffe Shop sangat digandrungi oleh anak muda.

Agen POS Program Studi Pendidikan IPS juga melayani seluruh produk dan layanan PT POS yang meliput layanan kurir, jasa maupun keuangan, outlet dan aset PT POS Indonesia bersama-sama untuk mengangkat nilai produk UMKM yang ada di Kalimantan Selatan.

Sutarto Hadi selaku Rektor Universitas Lambung Mangkurat Menuturkan bahwa kerjasama ini adalah ide yang kreatif dalam kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar salah satu Implementasinya adalah menyiapkan mahasiswa untuk terjun kelapangan, dan kampus mencoba untuk menjembatani mahasiswa antara teori dan  praktik, di satu sisi dunia pendidikan yang mengajarkan banyak hal teoritis, kompetensi dan  sebagainnya implentasinya adalah dalam dunia kerja, sehingga mahasiswa tidak kaget lagi ketika terjun kedunia kerja. Kampus menyiapkan mahasiswa yang akademis, orang yang memahami teori dan memiliki karakter namun  ujian yang sesungguhnya adalah ketika mahasiswa terjun langsung di tengah masyarakat dan ini lah wadah candra dimuka agar kita bisa menghasilkan mahasiswa yang siap.

Pramonu selaku Kepala Kantor Pos region 9 Kalimantan menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan PT POS Indonesia dan Program Studi Pendidikan IPS sudah dilakukan sejak April 2021 dan pada hari ini diresmikan, harapan untuk kedepannya PT POS dan I-Pe-Es-Shop dapat sama-sama berkembang dan maju kedepannya.

Penulis: Nadiatul Izmi
Penyuting: Azhari