Tingkatkan Skill Entrepeneurship Mahasiswa, PIPS ULM Gelar Kuliah Umum Kewirausahaan

JENDELA IPS, BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat. Pada hari sabtu (3/4/2021) Prodi Pendidikan IPS mengadakan Kuliah Umum Kewirausahaan yang bertemakan “Strategi Pengembangan Rintisan Usaha Untuk Meningkatkan Lapangan Kerja” yang di selenggarakan secara virtual yang pesertanya ada sekitar 500 orang, berasal dari dosen dan mahasiswa Pendidikan IPS serta dosen dan mahasiswa yang diluar Pendidikan IPS.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh bapa Dr. Syaharuddin, M.A selaku Ketua Jurusan Pendidikan IPS, setelah itu di lanjut dengan pengantar perkuliahan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas. BA. M.Pd. selaku Koordinator Pendidikan IPS.

Dipandu oleh Moderator ibu Rusmaniah, M.Pd. selaku dosen Program Studi Pendidikan IPS ULM, peserta sangat antusias dan bersemangat sekali dalam mendengarkan materi kuliah umum yang di bawakan oleh Dr. Agustus Sani Nugroho, S.H., M.H. beliau adalah direktur utama di berbagai perusahaan diantaranya adalah PT. Sentra Food Indonesia Tbk, PT. Energy Mina Abadi, dan lain lain. Pengalaman beliau di bidang bisnis sangat banyak sekali akan hal ini dapat memotivasi dan pengaruh positif khususnya peserta yang ada di zoom ini.

Materi yang di bawakan beliau sangat memberikan inspirasi dan semangat untuk memulai bisnis terhadap kita yang mendengarkannya. Oleh karena itu beliau berkata mulai lah dari hal yang kecil terlebih dahulu apa saja yang kita suka dan bisnis yang menurut kita menyenangkan, kalau gagal harus tetap optimis dan bangkit jangan menyerah untuk memulai berbisnis.

Pada kewirausahaan ini memiliki 4 elemen yang penting untuk memulai berbisnis yaitu dimulai dari merencanakan, merencanakan sesuatu agar mengurangi resiko yang nanti akan kita hadapi ketika memulai berbisnis kemudian mempersiapkan, mempersiapkan yang sudah kita rencanakan dari awal kemudian melakukan, ketika sudah merencanakan, kemudian mempersiapkan barulah kita melakukan bisnis yang sudah kita pilih sehingga kita dapat melakukan inovasi, dalam artian memperbaiki apa saja yang kurang dalam produk yang akan kita jual ke masyarakat.

Dalam adanya kuliah umum ini dapat membangkitkan semangat kita yang muda ini untuk menumbuhkan jiwa Entrepeneurship dalam membentuk dan mengembangkan kewirausahaan, sehingga kita memiliki usaha bisnis di usia muda dan juga dapat membuka peluang lapangan pekerjaan terhadap orang yang membutuhkan.

Penulis: Rizkia Ananda Sari