Gandeng Radar Banjarmasin, Program Studi Pendidikan IPS ULM Menjalin Kemitraan Dengan PT POS Indonesia

JENDELA IPS, BANJARBARU – Program Studi (Prodi) Pendidikan IPS ULM menyambangi gedung biru kantor pusat Radar Banjarmasin di Banjarbaru kemarin (31/3). Dipimpin langsung oleh Koordinator Prodi Pendidikan IPS, Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, rombongan disambut oleh Direktur Utama Radar Banjarmasin, Suriansyah Achmad bersama jajaran manajemen.

Prof. Ersis sendiri menjelaskan bahwa maksud kedatangannya dalam rangka ingin melakukan kerjasama dengan Radar Banjarmasin. Tepatnya dalam Magang Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kewirausahaan yang akan digagas oleh Prodi Pendidikan IPS.

“Jadi sekarang ada kebijakan dari Menteri Mendikbud bahwa kita harus melakukan magang di luar kampus. Pertama yang kami ingat adalah Radar, kita sudah empat yahun bekerjasama. Makanya kami kesini,” kata Prof Dr Ersis.

Ditambahkan oleh Dosen Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM, Mutiani bahwa nanti direncanakan akan ada 10 mahasiswanya yang akan magang menjadi wartawan di Radar Banjarmasin.

Sepuluh mahasiswa ini merupakan mahasiswa semester enam tahun angkatan 2018. Secara umumnya, mereka yang magang nantinya akan mencicipi proses sebagai wartawan baik dari merencanakan, mencari hingga menyajikan berita.

“Ada 10 orang yang akan magang di Radar Banjarmasin selama 45 hari kerja. Program ini juga akan dihitung sebagai bagian dari mata kuliah mahasiswa,” jelas Mutiani.

Selepas diskusi dan ngobrol multi topik. Acara ditutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Prodi Pendidikan IPS dan pihak dari Radar Banjarmasin.

“Ini kerjasama yang sangat positif. Kita dari Radar Banjarmasin juga tentu berkomitmen untuk bisa berpartisipasi aktif dalam mendukung dunia pendidikan, dan ini salah satu upaya kita. Terima kasih Prodi Pendidikan IPS ULM yang sudah memercayakan Radar Banjarmasin,” ungkap Dirut Radar Banjarmasin, Suriansyah Achmad

Diakhir pembicaraan yang menyinggung tentang kewirausahaan. Tanpa diduga, Suriansyah Achmad Dirut Radar Banjarmasin langsung menghubungkan rombongan dengan PT POS Indonesia yang langsung dipimpin oleh  Akhmad Taufik, Kepala Regional 9 Kalimantan.

Difasilitasi Radar Banjarmasin, pertemuan dengan Akhmad Taufik berjalan lancar dengan berbagai tawaran kemitraan dengan Prodi Pendidikan IPS ULM.

Dijelaskan oleh Akhmad Taufik, ada 2 Program kewirausahaan yang bisa dijalankan mahasiswa dengan PT POS Indonesia, pertama Pos Giro Mobile yang menjual berbagai keperluan P2P serta transaksi perbankan, dan yang kedua sebagai agen POS Melinial.

Lebih lanjut dari tawaran kemitraan PT POS Indonesia ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan virtual meet langsung bersama mahasiswa.

Program kemitraan ini akan kita lanjutkan dengan pertemuan langsung bersama mahasiswa minggu depan, kita akan jelaskan step by step bagaimana alur pendaftarannya secara langsung, karena kita juga mendukung secara penuh program kewirausahaan yang akan dijalankan oleh mahasiswa,” uangkap Akhmad Taufik.

Program Studi Pendidikan IPS menyambut baik tawaran kemitraan ini, sebagaimana tertulis di laman Facebook Koordinator Program studi Pendidikan IPS ULM.

Difasilistasi Radar Banjarmasin menjalin kemitraan dengan PT POS Region IX Kalimantan, Pak Akhmad Taufik. Terimakasih atas tawaran, bantuan dan fasilitas bisnis ala mileneal untuk Mahasiswa Pendidikan IPS ULM,” ungkap Prof Ersis dalam Facebooknya.

Penulis: Rusli