Dihadiri Walikota dan Rektor ULM, Program Studi Pendidikan IPS ULM Salurkan Donasi Peduli Banjir di Kelurahan Banua Anyar

JENDELA IPS, BANJARMASIN, Pendidikan IPS ULM Peduli Berbagi untuk Korban Banjir Kalimantan Selatan. (30/01) Hari ini telah berlangsung kegiatan penyaluran donasi di Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. Penyaluran donasi berjumlah 250 yang terdiri dari paket sembako dan paket premium. Paket Sembako yaitu beras, minyak goreng, Gula, Teh Sariwangi, Mie Instan, Sabun dan Air Mineral. Sedangkan Paket Premium berisi Sarung, Mukena, Al-Qur’an, Gula, dan Beras.

Penyaluran Donasi ini Dari Program Studi Pendidikan IPS ULM. Acara penyaluran ini dihadiri oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat yaitu Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc., di hadiri juga oleh WaliKota Banjarmasin H. Ibnu Sina, S.Pi.,M.Si, Koordinator Program Studi Pendidikan IPS Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas M.Pd serta Dosen-Dosen Program Studi Pendidikan IPS.

Penyerahan Donasi ini diserahkan Secara Simbolis oleh Prof. Dr. H. Sutarto Hadi M.Si, M.Sc, WaliKota Banjarmasin H.Ibnu Sina, S.Pi.,M.Si, Koordinator Program Studi Pendidikan IPS Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas M.Pd memberikan Kepada 5 Orang Perwakilan dari warga Kelurahan Banua Anyar yaitu Ibu Rahmlah warga RT. 01, Ibu Ade warga RT 06, Ibu Fauziah RT 07, Bapak Kaspul Anwar RT 17 dan Bapak Masna RT 16.

Setelah penyerahan simbolis donasi diserahkan kepada kelurahan untuk membagikan ke semua warga yang terdampak banjir. Kelurahan Banua Anyar Memiliki 1 RW yang membawahi 19 RT (setelah pelaksanaan Perda kota Banjarmasin No. 23 Tahun 2010) Jumlah Kepala Keluarga (KK) 1.817.  

Warga di Kelurahan Banua Anyar Sudah terdampak banjir 16 hari dan sebagian warga ada yang mengungsi ke Sekolah Dasar yang tempatnya tidak tergenang banjir, karena debit air yang tinggi hampir sepaha orang dewasa, dan sebagian warga yang lain tetap bertahan di rumah mereka dengan memanfaatkan Kapal yang dimiliki untuk dijadikan tempat tidur.

Namun sekarang debit air sudah mulai turun dan sebagian warga sudah kembali kerumah masing-masing namun  masih tergenang dan ketika malam hari air sungai martapura pasang, debit air pun naik lagi menyebabkan sebagian rumah warga masih tergenang banjir.  Warga pun Mengeluhkan akibat Banjir yang terjadi sebagian rumah mereka menjadi rusak, dan pak walikota pun sudah memberikan instruksi kepada kecamatan dan kelurahan untuk mendata warga yang terdampak banjir dan membutuhkan bantuan.

Penulis: Nadiatul Izmi & Nurul Jannah