Akibat Tingginya Banjir di Kalsel, HIMA PIPS Lakukan Donasi Untuk Warga Yang Terdampak

JENDELA IPS, BANJARMASIN, Awal tahun 2021 merupakan hal menyedihkan bagi masyarakat Kalimantan Selatan, Sebab mereka mengalami musibah yang tidak disangka-sangka, menerpa hampir semua warga masyarakat yang berada di Kalimantan Selatan yaitu bencana banjir yang melanda hingga 11 dari 13 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Selatan. Wilayah yang terdampak seperti Kota Banjarmasin, Barabai, Binuang, Kandangan, Martapura, Kab. Banjar dan beberapa wilayah lainnya.

Musibah banjir yang menerpa Kalimantan Selatan menyebabkan warga harus mengungsi, karena debit air yang semakin meninggi hingga ada beberapa wilayah yang debit airnya mencapai atap rumah,  hal ini menyebabkan akses jalan terputus sehingga bantuan dari luar sulit untuk masuk.

Namun, hal itu tidak membuat mereka menyerah, sebab kepedulian masyarakat sangat kuat sehingga masyarakat bersama-sama saling  membantu dengan memberikan donasi dalam bentuk uang, pakaian maupun tenaga untuk menjadi relawan dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir

Begitupun yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS yang juga ikut serta dalam membantu warga Kota Banjarmasin yang terdampak bencana banjir hingga mereka terpaksa harus mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS membuka penggalangan dana dengan estimasi waktu dari 14-20 Januari 2021.

Pada 17 Januari 2021 dana yang terkumpul dari gerakan tersebut mencapai 2 juta rupiah, hingga uang donasi tersebut diberikan kepada korban bencana banjir dalam bentuk sembako seperti beras, telur, mie instan, peralatan mandi dan air mineral. Kemudian bentuk donasi tersebut diserahkan ke Desa Pemakuan Laut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Donasi tersebut disalurkan melalui jalur air karena akses darat tidak memungkinkan lagi untuk dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Sehingga pada akhirnya bantuan tersebut diserahkan melalui salah satu relawan di Desa Pemakuan Laut atas nama Ramadhani.

Untuk itu kami dari keluarga besar pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS (HIMAPIPS) Mengucapkan terimakasih banyak kepada para donatur yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyalurkan uang yang kalian donasikan.

Penulis: Nadiatul Izmi & Muhammad Azhari Mutaqin