Konsistensi Mahasiswa Pendidikan IPS Pada Pesta Demokrasi Mahasiswa ULM Tahun 2020

JENDELA IPS, Universitas Lambung Mangkurat, kali ini kembali menyelenggarakan Pesta Demokrasi bagi Seluruh Mahasiswa. Kegiatan ini disebut dengan PEMILUMA ULM. PEMILUMA ULM merupakan akronim dari Pemilihan Umum Mahasasiswa Universitas Lambung Mangkurat. Momentum ini banyak di tunggu oleh para mahasiswa ULM yamg sangat Cinta dengan Politik di Kampus Perjuangan ini.

Pada tahun ini kegiatan PEMILUMA ULM dilaksanakan berbeda daripada tahun sebelumnya. PEMILUMA ULM yang biasanya dilaksakan secara langsung atau tatap muka, sekarang dilaksanakan dengan cara daring atau online. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi lembaga penyelenggara Pemilu Mahasiswa ULM pada tahun ini. Oleh sebab itu, memberikan informasi mengenai pemilu online ini maka Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPU-M) dan Badan Pengawas Pemilu Mahasiswa (BAWASLU-M) melaksanakan Sosialisasi PEMILUMA ULM 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring pada tanggal 10 s.d 11 Oktober 2020, bertempat Aula 1 Rektorat ULM Banjarmasin dan Aula H. Ir. Supardi Faperta ULM Banjarbaru serta di media Zoom Meeting.

Kegiatan Sosialisasi PEMILUMA ULM dihadiri oleh seluruh komponen Organisasi Mahasiswa yang ada di tingkat Fakultas dan Universitas. Tak terkecuali mahasiswa Pendidikan IPS yang turut andil pada kegiatan tersebut, yakni Syahrul Ramadhan sebagai Koordinator Komisi I Acara KPU M ULM dan Tota Dorada Oktavia Sihotang sebagai Anggota Komisi I Acara KPU M. Mereka berdua menjadi anggota KPU-M setelah mengikuti rangkaian proses seleksi yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa ULM.

Kegiatan pertama dalam rangkaian Pemiluma tahun 2020 adalah sosialisasi mengenai segala persyaratan dan ketentuan dalam Pemiluma ULM tahun 2020. Pada kegiatan tersebut, Syahrul Ramadhan selaku Koordinator Komisi Acara menyampaikan Informasi mengenai Timeline kegiatan Pemiluma ULM 2020. Timeline pemilu dimulai dari dimulai dari hari pertama sosialisasi. Kegiatan selanjutnya yang aka dipersiapkan oleh KPU-M sekarang ini adalah Penjaringan Bakal Pasanga Calon Ketuia dan Wakil Ketua BEM ULM, serta Calon Anggota BEM ULM tahun 2020. Masa penjaringan calon ini dimulai pada tannggal 12 s.d 17 Oktober 2020, dilanjutkan dengan seleksi administrasi Paslon pada tanggal 18 s.d 19 Oktober 2020 pada saat itu juga akan dibarengi dengan Penjaringan PPS atau (Panitia Pemungutan Suara), dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan hingga akhirnya sampai pada puncak Pesta Demokrasi Mahasiswa ULM, yakni Pemilu-Ma yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 November 2020.

Penulis: Syahrul Ramadhan