Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi, Mahasiswa Ini Raih Mendali Perunggu di Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Bela Diri Shorinji Kempo UNJ

Universitas Lambung Mangkurat mempunyai berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa satu diantaranya adalah bela diri Shorinji Kempo. Shorinji Kempo adalah salah satu dari seni bela diri yang berasal dari jepang. Di Indonesia biasa disebut dengan kempo diciptakan oleh Doshin So pada tahun 1947 sebagai sistem pelatihan dan pengembangan diri Gyo. Atau disiplin dalam Bahasa jepang.

Kata Shorinji berasal dari kata Sho = Kecil, Rin = Hutan, Ji = Kuil, Ken = Kepalan Tangan/Tinju, Po = Metoda. Kata Shorinji merujuk pada kuil Shaolin di Tingkok (yang bernama dengan huruf kanji yang sama namun dilafalkan sebagai Shaolinsi dalam Bahasa Tionghoa). Shorinji Kempo secara umum dipandang sebagai versi modifikasi dari seni bela diri Shaolinsi Kung Fu.

Metode latihannya berdasarkan pada filosofi “jiwa dan tubuh adalah sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan dan melatih tubuh dan jiwa. Dengan cara tersebut Shorinji kempo mempunyai tiga manfaat yaitu; “pelatihan dan pertahanan diri”, “pelatihan mental”, dan “meningkatkan kesehatan”.

Di Universitas Lambung Mangkurat sekarang, Shorinji Kempo juga menjadi bagian yang penting dari Unit Kegiatan Mahasiswa karena banyak menyumbangkan berbagai macam prestasi tingkat Regional maupun Nasional. Seperti yang baru-baru ini Rinawati dari Mahasiswa Pendidikan IPS FKIP ULM meraih MEDALI PERUNGGU pada (Kejuaraan Mahasiswa Nasioanal Tandoku Virtual Bela Diri Shorinji Kempo UNJ) yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 14 – 15 November 2020 secara Virtual.

Sebelumnya (2019), Rinawati telah mengikuti POMNAS 2019 juga di UNJ pada Nomor Randori (perkelahian bebas) pada Kelas 50 kg bersama M. Fahmi Kurniawan namun belum beruntung. Kali ini lewat Nomor Embu perorangan (gerakan seni/teknik) ia berhasil.

Atas prestasi yang sangat membanggakan ini Sutarto Hadi Selaku Rektor Universitas Lambung Mangkurat mengucapkan “Selamat atas prestasi yang telah dicapai Kempo ULM pada “Kejuaraan Mahasiswa Nasional Tandoku Virtual Bela Diri Shorinji Kempo UNJ”, walaupun di tengah pandemi, bukan penghalang untuk tetap berprestasi, semoga prestasi ini menjadi pemicu badi atlet kempo lainnya dan juga seluruh athlet olahraga ULM untuk terus berprestasi di tengah kondisi pandemi.

Dr. Syaharuddin M.Pd selaku Pembina UKM Kempo ULM memberikatan tanggapan bahwa “Prestasi adalah milik bagi mereka yang disiplin dalam latihan. Oleh karena itu, kepada seluruh Kenshi ULM dan PT lainnya agar terus berlatih untuk mengikuti event yang lebih besar yakni Pomnas 2022 di Padang, semoga BAPOMI kalsel semakin sukses dari sebelumnya.

Adanya Pandemi tidak mengurangi rasa semangat dalam menggapai prestasi, teruslah berlatih untuk menggapai setiap prestasi-prestasi yang membanggakan.

Penulis : Nadiatul Izmi
Penyuting : Azhari
Sumber Foto : shorinjikempoulm