Kontribusi Mahasiswa Pendidikan IPS dalam Pengajaran Luring

JENDELA IPS, KALIMANTAN SELATAN, Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP Mengajar adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas, yaitu fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang peran dan fungsinya itu sebagai wadah pengembangan potensi akademik dan non akademik. Selain itu, Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP Mengajar juga berperan sebagai organisasi yang membantu para calon generasi muda untuk mengembangkan dirinya menjadi tenaga pendidik melalui pembinaan karakter dan pelatihan yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

“Reaksi masyarakat terhadap FKIP Mengajar terutama masyarakat kampus menerima dengan baik adanya UKM FKIP Mengajar ini, karena kegiatan kegiatannya yang positif. Kalau respon dari masyarakat juga sangat menerima dengan baik, misal dalam kegiatan literasi, terutama anak anak yang menjadi sasaran kegiatan literasi ini, mereka sangat antusias mendatangi lapak literasi FM setiap kali FM mengadakannya” ucap Raudhatul, salah seorang anggota FKIP Mengajar.

Banyak kegiatan-kegiatan UKM FKIP Mengajar yang sangat positif dan berfokus pada bidang pendidikan, misalnya character building, share it, literasi FM, pengabdian ke sekolah binaan, desa binaan, dan yang terbaru adalah kegiatan yang dinamakan relawan darurat mengajar. Tujuan kegiatan ini dilakukan, adalah sebagai peran dari FKIP Mengajar untuk
tetap memberikan masyarakat bantuan pendidikan di masa pandemi covid-19, apalagi saat ini sekolah sedang diliburkan. Dalam kegiatan ini, mahasiswa Pendidikan IPS juga turut serta untuk mengajar anak-anak diarea lingkungannya, tetap dengan berbagai pertimbangan dan terus melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020.

Seperti, Rahmad Al Hidayat, salah seorang mahasiswa Pendidikan IPS, yang juga anggota dari FKIP Mengajar, melakukan kegiatan relawan darurat mengajar dengan anak anak disekitar area rumahnya.
Dan, ada juga Nor Aniah dan Ayu Farjriah, yang juga Mahasiswa Pendidikan IPS, melakukan kegiatan ini disekolah didaerahnya.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat.

Penulis : Rahmat Al Hidayat