HIMA PIPS Ekspedisi Merah Putih Bersama SAN CHAPTER Banjarmasin

JENDELA IPS, BANJARBARU. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 75 dirayakan seluruh masyarakat di tanah air. Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia 2020. Tidak terkecuali di pelosok Kalimantan Selatan yaitu di Desa Surian Hanyar Kec. Cintapuri Darussalam Kab.Banjar. Desa ini sangat indah dan tenang.

Dalam memperingati hari kemerdekaan di Desa Surian Hanyar Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat (HIMA PIPS) bersama SAN ( Senyum Anak Nusantara) Chapter Banjarmasin mengadakan kontribusi nyata yang mana pengabdian ini sangat berkesan bagi relawan yang telah ikut andil dalam kegiatan. EMP “Ekspedisi Merah Putih” dengan tema ekspedisi merah putih bersama SAN Chapter Banjarmasin selaras memajukan pendidikan Indonesia.

Ekspedisi merah putih dilaksanakan pada tanggal 16-17 Agustus 2020. Namun tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah seperti cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari mahasiswa/i di perguruan tinggi Kalimantan Selatan.

Erwin Yunaidi, Ketua Pelaksana Ekspedisi Merah putih, menuturkan “Ekpedisi merah putih ini diadakan untuk realisasi tujuan SAN itu sendiri yaitu mengedukasi, memotivasi dan menginspirasi anak negeri dan sebagai bentuk pengabdian dalam rangkaian hari kemerdekaan, dan juga memenuhi mandat program kerja dari SAN Pusat.

Rangkaian acara alhamdulillah berjalan dengan lancar, kami di sambut dengan semangat oleh masyarakat disana, meskipun ada beberapa kendala tapi kawan kawan panitia dan relawan mampu beradaptasi dan mengatasi se efektif mungkin, dbantu kawan kawan dari HIMA PIPS dan donasi wadah air dan juga masker kegiatan ini mampu berjalan dengan protokoler kesehatan . Masyarakat disana sangat antusias, dan juga berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan,” Ujarnya.

Sementara itu, Indra Maulana, Relawan dari HIMA PIPS, Menuturkan, “Pengabdian ini semoga kedepannya tetap dilaksanakan. Dan semoga mahasiswa Pendidikan IPS FKIP ULM dapat peka terhadap lingkungan masyarakat. Serta bisa ikut andil dalam segala bidang khususnya bidang pendidikan serta bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan Ekspedisi Merah Putih dapat menjadi pengalaman bagi mahasiswa. Dirgahayu RI ke 75 semoga pendidikan Indonesia lebih maju, lebih baik dan unggul karena pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk pemuda/i masa depan dalam membangun Indonesia. Merdeka !

Penulis : Ekka Norliana
Dokumentasi : Panitia kegiatan
Sumber : Wawancara
Narasumber : Erwin Yunaidi, Ketua Pelaksana Ekspedisi Merah Putih. Indra Maulana, Relawan dari HIMA PIPS