BISA: Bincang Santai Tentang Pengalaman Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19

JENDELA IPS, KAMIS, 18 Juni 2020 Ratusan Mahasiswa Pendidikan IPS FKIP ULM mengikuti kegiatan BINCANG SANTAI ONLINE Bersama Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM melalui aplikasi Google Meet dengan tema “Pengalaman Mengajar di Tengah Pendemi Covid-19″ bersama alumni Pendidikan IPS FKIP ULM yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS FKIP ULM.

Pada kegiatan tersebut, panitia pelaksana menghadirkan narasumber dari alumni prodi Pendidikan IPS. Saat pelaksanaan kegiatan bincang santai online itu, para mahasiswa diberi ilmu pengetahuan serta pengalaman dalam mengajar ditengah pendemi Covid-19 oleh para narasumber, Kak Norhayati S.Pd, Kak Nor fikriah S.Pd, dan Noor Meilina S.Pd. Kegiatan Bincang Santai itu dibuka oleh moderator Muhammad Ghifar dan disaksikan oleh ketua HIMA Pendidikan IPS Indra Mualana serta, bagian kemahasiswaan Prodi Pendidikan IPS Muhammad Adhitya Putra, M.Pd

Kepada para peserta, narasumber menyampaikan bahwa banyak sekali kendala yang dihadapi ketika mengajar ditengah pendemi covid 19, diantaranya masalah jaringan, masalah kepemilikan alat komunikasi dan masalah terkendalanya siswa dalam menggunakan aplikasi zoom. Penggunaan aplikasi tersebut dilakukan karena system tatap muka sedang ditiadakan.

Dalam mengajar ditengah pendemi ini tentunya ada beberapa kendala yang pasti dihadapi oleh para pengajar, melalui pengalamannya, narasumber memberikan solusi yang dapat dilakukan supaya kegiatan pembelajaran tetap berjalan dengan baik, seperti melakukan pengajaran dengan metode video, dengan sarana share video seru yang mendidik para peserta didik tidak akan jenuh dan merasa nyaman walaupun tidak dengan tatap muka.

Bincang santai ini disambut antusias oleh para peserta, terbukti ketika dibuka sesi dialog, banyak sekali peserta yang bertanya dan meminta kata-kata motivasi. Namun karena keterbatasan waktu yang ditentukan maka narasumber hanya bisa menjawab beberapa pertanyaan.

“Acara bincang santai ini adalah kegiatan kedua yang dilakukan oleh prodi Pendidikan IPS ketika pendemi muncul dan Insyaallah akan terus berlanjut” ungkap ketua panitia pelaksana.

Tidak hanya itu, para narasumber pun diakhir bincangnya menyampaikan sepatah dua patah kata motivasi kepada para peserta bincang santai, lalu kegiatan bincang santai online itu pun ditutup dengan sesi poto online bersama.

Penulis: Muhammad Ghifar
Penyuting: Admin